Balon Anti Pecah

No comment 4017 views

Pernahkan anda menusuk balon yang sudah ditiup/mengembang (diisi udara) dengan benda tajam seperti jarum atau peniti? Apa yang terjadi? Tentu akan meletus bukan? Nah, sekarang ada cara agar balon yang kita tusuk dengan jarum itu tidak meletus. Ingin tahu? Berikut caranya :

  1. Sediakan satu buah balon dan satu buah benda tajam jarum atau tusuk sate. Bisa juga ditambahkan minyak goreng dan selotip.
  2. Tiuplah balon hingga membesar / mengembang.
  3. Tusuklah balon di bagian yang tebal yaitu ujung atas sampai ujung bawah dengan tusuk sate atau jarum. Sebelum untuk menusuk balon, tusuk sate atau jarumnya diolesi dengan minyak dulu. Apa yang terjadi setelah di tusuk? Horee... balonnya tidak pecah!
  4. Cara kedua bisa dilakukan dengan cara menempelkan selotip pada bagian balon yang akan ditusuk (bebas tidak perlu di bagian yang tebal).
  5. Tusuklah bagian balon yang ditempeli selotip dengan jarum. Horee... balonnya tidak pecah!

Sains Menjawab :
Balon terbuat dari karet yang lentur. Bila balon ditiup atau diisi udara maka dinding balon akan tertekan udara akibatnya karet penyusun balon semakin renggang sehingga mudah sobek bila terkena benda tajam. Hal ini karena dinding balon sangat tipis. Pada ujung balon dan bawah lapisan dindingnya lebih tebal sehingga jika terkena benda tajam tidak mudah sobek. Lapisan dining balon yang tipis dapat pula diperkuat dengan cara menempelkan selotip. Selotip berfungsi untuk merekatkan lapisan dinidng balon agar tidak sobek sehingga ketika ditusuk dengan jarum balon tidak meletus.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Balon Anti Pecah"