Mencetak Juara Olimpiade Sains SD

2 comments 142 views

Geliat persaingan antar Sekolah Dasar (SD) khususnya di bidang sains mulai terasa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya sekolah yang berlomba-lomba untuk menjadikan siswanya sebagai juara dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) atau pun international. Prestasi merupakan salah satu bukti nyata keberhasilan sekolah dalam mendidik siswanya yang menjadi tuntutan para orang tua. Apa lagi bagi sekolah-sekolah swasta, prestasi merupakan syarat mutlak yang harus dicapai agar dapat dikenal oleh masyarakat dan tetap survive dalam dunia pendidikan global. Aspek positif dari fenomena ini adalah bahwa pihak sekolah sadar betul tentang pentingnya mengembangkan bakat dan potensi siswa dalam menghadapi persaingan di dunia global.

Persoalan yang muncul bagi sekolah adalah bagaimana caranya menjadikan siswa sebagai juara Olimpiade? Apakah mungkin sekolah ndeso atau mewah (red : mepet sawah) bisa bersaing dengan sekolah perkotaan yang notabene memiliki anak yang ber-IQ tinggi dan fasilitas yang lengkap? Bagi sekolah yang mau maju tentu akan menjawab bisa! Caranya?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah merubah paradigma bahwa “juara Olimpiade hanya untuk siswa genius” menjadi “Siapapun bisa menjadi juara Olimpiade”. Tidak ada siswa yang “bodoh” di sekolah kita. Setiap siswa memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi pribadi unggul yang mampu bersaing dalam kompetisi Olimpiade Sains. Menemukan siswa genius itu biasa, yang luar biasa adalah menjadikan siswa menjadi genius. Peningkatan kualitas pembelajaran sains di sekolah menjadi hal kedua yang perlu dilakukan dalam mencetak juara Olimpiade Sains. Secara umum, pembelajaran sains yang selama ini dilakukan di sekolah ndeso terlihat masih bersifat hafalan. Sebagian besar siswa lupa terhadap materi pelajaran sains setelah berganti bab. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya variasi media, metode, dan sumber belajar.

Salah satu model pembelajaran yang bisa mencetak Juara Olimpiade adalah model SEQIP (Science Education Quality Improvement Project). Model ini menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar siswa dapat menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pembelajaran sains diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. Secara garis besar, model pembelajaran SEQIP memiliki sistematika berupa adanya motivasi dan pengungkapan permasalahan yang akan dipecahkan dalam pembelajaran sains. Setelah itu siswa diajak untuk melakukan eksplorasi dan eksperimen untuk memperoleh data yang dapat menyelesaikan persoalan yang diungkap sebelumnya. Siswa diajak untuk menganalisis data sampai pada menarik kesimpulan hasil eksperimen. Dengan demikian, siswa tidak lagi merasa diceramahi oleh guru melainkan menemukan sendiri konsep sains yang dipelajari.

Pembelajaran model SEQIP ini, sesuai dengan karakter soal-soal yang digunakan dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN). Ada 2 macam test dalam lomba OSN bidang IPA SD yaitu test Teori dan test Eksperimen. Soal-soal yang digunakan dalam test Teori tidaklah sama seperti soal uji kompetensi yang biasa digunakan di sekolah pada umumnya. Soal OSN cenderung mengungkapkan konsep dasar sains Sekolah Dasar (SD) tetapi tingkat kesukarannya mencapai tingkat SMP. Cara penyelesaiannya pun tidak boleh menggunakan rumus tetapi harus menggunakan logika anak SD. Sedangkan test eksperimen siswa diminta untuk melakukan sebuah eksperimen, pengambilan data, analisis, dan menarik kesimpulan hasil eksperimen. Hal ini tentunya sejalan dengan pembelajaran model SEQIP yang menggunakan eksperimen dalam menemukan konsep dasar sains dengan logika anak SD. Siswa yang terbiasa dengan pembelajaran SEQIP tentu saja akan dapat dengan mudah mengerjakan soal-soal OSN. Dengan demikian, The Best Teory, The Best Experiment atau Absolute Winners pun dapat kita raih. Semoga bermanfaat!

Incoming search terms:

author
2 Responses
  1. author

    muhammad arifin,S.Pd3 years ago

    sanagat bagus soal-soal olimpiade bisa dipakai sebagai latihan sebagai uji coba kemampuan siswa

    Reply
  2. author

    Rara2 years ago

    Minta doanya supaya bisa juara 1 olimpiade sains tingkat sd ya kak

    Reply

Leave a reply "Mencetak Juara Olimpiade Sains SD"