Pentingnya Menggunakan Media Dalam Mengajar

No comment 1633 views

Suatu hari, tepatnya di sebuah ruang kelas 3 SD yang sejuk karena ada AC nya, seorang ibu guru masuk untuk mengajar 25 anak muridnya.  Kedua puluh lima muridnya ini adalah anak-anak orang kaya yang setiap hari hanya melihat TV, komputer, dan game. Materi yang akan diajarkan adalah tentang ciri-ciri cicak. Materi ini merupakan jawaban atas pertanyaan seorang anak tentang “cicak itu seperti apa bu?” pada pelajaran hari yang lalu.

Mulailah si ibu guru ini bercerita kepada anak didiknya tentang cicak. “Anak-anak, cicak itu bentuknya memanjang, punya empat kaki, dan lidahnya bisa dijulurkan keluar untuk menangkap mangsanya. Cicak itu makanannya nyamuk. Cicak berkembangbiak dengan bertelur. Cicak dapat merayap di dinding karena  kakinya ada pelekatnya.“ Begitulah cerita si ibu guru dalam menjelaskan hewan bernama cicak. Setelah bercerita ibu guru itu pun bertanya kepada anak-anak. “Sudah jelas anak-anak?Sudah tahukan hewan yang namanya cicak?” Anak-anak pun menjawab, “Sudah bu...jelas... cicak itu bentuknya panjang, punya empat kaki, dst.....”.

Bu guru pun lalu menugaskan anak-anak untuk menggambar cicak. Mulailah anak-anaknya menggambar cicak. Macam-macam gambarnya, ada yang mengambar cicak seperti ular kerana kata bu guru cicak itu memanjang .... Ada juga yang menggambar cicak seperti cacing berkaki empat. Macem-macem dech pokoknya. Setelah beberapa menit berlalu akhirnya anak-anak sudah selesai menggambar cicak. Bu guru pun memeriksa hasil gambar anak-anak satu persatu. Dan setelah melihat hasil gambar si anak-anak, tampak memerahlah muka si ibu guru. Mulailah nada emosi, kesal, dan jengkel terbesit di wajahnya. “Kamu itu gimana seh? Tadi katanya sudah jelas?kok suruh gambar malah salah? Goblokkkkkk....!!! Anak satu kelas kena marah semua.

Sumber : www.flickr.com

Tiba-tiba ketika kemarahan si bu guru sedang dipuncak, ada seorang anak “nyeletuk” (baca : nyela bicara). “Bu... klo hewan yang ada di dinding itu namanya apa?? Sambil menunjukkan jari ke arah hewan yang dilihat.” Semua mata tertuju pada hewan yang ditunjuk oleh anak tersebut. Bu guru pun menjawab: Ya itu yang namanya CICAK...!!!!!

Oooo.... itu tho yang namanya CICAK?, jawab anak serempak. Klo itu seh tahu bu, setiap hari juga aku lihat. Dirumahku kan banyak hewan itu yang sering nangkap nyamuk... jawab seorang anak. Bu guru pun segera tersenyum, tak jadi marah deh...

Inti cerita di atas mungkin sering terjadi pada bapak/ibu guru atau pun orang tua dalam membelajarkan anaknya. Maksud hati ingin menjelaskan A tapi kenanya B. Anak pun menjadi tidak tahu seperti bayi di kasih uang, tidak tahu penggunaannya.

Jikalau bu guru pada cerita di atas menggunakan media berupa gambar cicak atau cicak asli dibawa ke kelas tentu anak-anak akan langsung paham dan tidak boros waktu / tenaga. Inilah pentingnya penggunaan media dalam mengajar. Kalau ada anak yang tidak bisa paham tentang suatu materi pelajaran, janganlah dulu mengecap anak itu bodoh atau goblok. Ingat! Tidak ada anak yang bodoh di dunia ini. Mungkin bapak / ibu guru belum menggunakan media yang tepat dalam mengajar. Setiap anak mempunyai karakter / sifat yang berbeda-beda. Kesabaran dan Inovasi tiada henti merupakan kunci sukses seorang guru.

Download artikel ini klik disini

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Pentingnya Menggunakan Media Dalam Mengajar"