Sifat Benda Padat

Kita dapat menemukan berbagai macam benda di lingkungan sekitar. Misalnya, pensil, batu, kayu, air, minyak goreng, susu, kecap, dan balon.  Berdasarkan wujudnya benda-benda tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 macam yaitu benda padat (pensil, batu, kayu), benda cair (air, minyak goreng, susu, dan kecap) dan benda gas (isi balon). Setiap benda memiliki sifat tertentu yang membedakannya dengan benda yang lainnya.

Sifat Benda Padat

Contoh benda yang termasuk benda padat adalah batu, kayu, buku, uang koin, gelas, penggaris, pensil, dan penghapus. Untuk dapat menentukan suatu benda termasuk benda padat maka kita harus mengetahui sifat-sifat benda padat.

Sumber : BSE

Sifat-sifat benda padat tersebut yaitu :
Bentuknya tetap
Benda padat seperti penggaris bila diletakkan di atas meja kemudian dipindahkan ke dalam gelas atau mangkok maka bentuknya tetap.

Sumber : BSE

Menempati ruang
Ruang merupakan tempat dimana benda berada yang meliputi panjang, tinggi, dan lebar. Contoh sebuah penghapus diletakkan di dalam air maka penghapus ini akan menempati ruang sesuai dengan ukuran panjang, lebar dan tingginya.


Volumenya tetap

Ruang yang dibutuhkan sebuah benda disebut volume. Volume diukur dalam sentimeter kubik (cm3) yaitu panjang x lebar x tinggi. Sebuah kotak kayu yang diletakkan di dalam gelas kemudian dipindahkan ke dalam gelas lain yang lebih kecil akan mempunyai volume yang tetap.
Mempunyai berat
Berat dalam kehidupan sehari-hari dikenal dengan satuan kg (kilogram) dan dapat diukur menggunakan timbangan. Sebuah buku dan batu bila ditimbang dengan timbangan akan terlihat berapa kg beratnya. Hal ini menunjukkan bahwa benda padat mempunyai berat.

Sumber : BSE

Bisa diubah bentuknya dengan perlakuan tertentu
Benda padat dapat diubah bentuknya dengan menekan atau memanaskannya terlebih dahulu. Plastisin dan tanah liat bisa diubah menjadi berbagai bentuk dengan cara di tekan. Besi yang keras bisa dibentuk menjadi pipih dengan cara memanaskannya terlebih dahulu kemudian dipukul-pukul sampai pipih. Sebuah papan dapat dipotong-potong kemudian dibuat meja dan kursi.

Sumber : BSE

Incoming search terms:

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

This themes includes code from Andreas Hassellöf, licensed under a Creative Commons Attribution v3.0 License